Interaksi Manusia dan Komputer Dalam Penerapan Sehari-hari yang Meningkatkan Kualitas Hidup

Oleh Nuari Anisa Sivi, S.Kom.,M.T.I

Interaksi manusia dan komputer (IMK) telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari kita. Dengan perkembangan teknologi, penggunaan perangkat  elektronik semakin meluas, dan keseharian kita semakin dipengaruhi oleh interaksi yang terjadi antara manusia dan komputer.

Interaksi antara manusia dan komputer tercipta melalui pengembangan desain industri. Desain industri merupakan penghubung antara manusia dengan mesin untuk kehidupan sehari-hari dan aktivitas produksi, dan merupakan proses yang diperlukan bagi manusia untuk “berkomunikasi” dengan mesin. Sejak munculnya komputer, hampir seluruh kehidupan manusia telah terkait erat dengan teknologi informasi, dan cara manusia terus berinteraksi dengan lancar dengan komputer adalah antarmuka komputer. Saat ini, desain difokuskan pada pengalaman pengguna dan kualitas hidup hampir di mana- mana.

Dengan demikian, desain antarmuka interaksi manusia-komputer memengaruhi mode operasi dan pengalaman perangkat pengguna, serta memainkan peran penting dalam kepraktisan dan kemudahan penggunaan mesin dan peralatan komputer.Berikut ini adalah beberapa contoh interaksi manusia  dan komputer dalam  aktivitas sehari-hari:

  1. Ponsel  Pintar   (Smartphones)
    Penggunaan ponsel pintar telah menjadi salah satu contoh paling mencolok dari IMK. Pengguna dapat berinteraksi dengan aplikasi, melakukan panggilan, mengirim pesan, dan bahkan mengontrol perangkat rumah pintar mereka melalui layar sentuh atau suara.
  2. E-Commerce  (Perdagangan Elektronik): Berbelanja    secara online adalah contoh lain dari IMK yang telah merubah cara kita mendapatkan barang dan jasa. Pengguna dapat menjelajahi produk, memilih barang, dan melakukan pembayaran dengan beberapa klik, semuanya melalui antarmuka grafis yang mudah digunakan.
  3. Sistem Pembayaran Digital: IMK hadir dalam berbagai aplikasi pembayaran digital. Pengguna dapat membayar tagihan, mentransfer uang, atau bahkan membayar di toko dengan menggunakan perangkat elektronik mereka, menggantikan kebutuhan akan uang tunai atau kartu fisik.
  4. Navigasi GPS: Aplikasi  navigasi GPS memanfaatkan IMK untuk membantu pengguna menemukan rute tercepat atau lokasi tertentu. Pengguna dapat memasukkan tujuan, dan perangkat akan memberikan petunjuk suara atau visual untuk membimbing mereka selama perjalanan.
  5. Media Sosial: Interaksi  manusia dan komputer mencapai puncaknya di media sosial. Pengguna dapat berkomunikasi, berbagi foto, dan mendapatkan informasi langsung dari aplikasi atau situs web sosial tanpa perlu bertemu langsun
  6. Pengenalan Suara        dan Pemrosesan       Natural
    Asisten virtual seperti Google Assistant, atau Alexa menunjukkan kemajuan dalam pengenalan suara dan pemrosesan natural. Pengguna dapat memberikan perintah suara untuk melakukan tugas seperti mencari informasi, mengirim  pesan, atau memutar musik.
  7. Pendidikan  Daring        (E- learning)
    Dalam konteks pendidikan, IMK  memainkan peran besar dalam penyediaan platform pembelajaran dar mahasiswa dapat mengakses materi pembelajaran, berpartisipasi dalam diskusi, dan mengumpulkan tugas melalui perangkat komputer atau ponsel pintar mereka.
  8. Permainan  Video
    Dunia permainan video adalah contoh lain dari interaksi manusia dan komputer. Pengguna dapat mengendalikan karakter dalam dunia  virtual,  berinteraksi dengan  pemain  lain  secara daring, dan menikmati pengalaman bermain yang mendalam. Interaksi manusia dan komputer telah memainkan peran penting dalam mempermudah banyak aspek    kehidupan    sehari-hari. Kemajuan teknologi terus membuka pintu unutuk pengalaman pengguna yang lebih baik dan integrasi yang lebih kuat antara manusia dan komputer. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang IMK, kita dapat mengoptimalkan  potensi teknologi untuk meningkatkan kualitas hidup kita.

Sumber Gambar : bobo.grid.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *