SELAMAT! MAHASISWI UNU LAMPUNG LOLOS PROGRAM WIRAUSAHA MERDEKA

Home > Akademik > SELAMAT! MAHASISWI UNU LAMPUNG LOLOS PROGRAM WIRAUSAHA MERDEKA

SELAMAT! MAHASISWI UNU LAMPUNG LOLOS PROGRAM WIRAUSAHA MERDEKA

Mahasiswi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Lampung, Refi Anggraini 2086206003 dan Wova Sari Yanti 2086206075, berhasil lolos Program Wirausaha Merdeka Co-Creation Research Of Enterpreunership (CoRe) di Institut Teknologi Bandung (ITB) Tahun 2022.                        

Wirausaha Merdeka merupakan program yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia spesial bagi para mahasiswa yang memiliki Ketertarikan terhadap dunia Wirausaha. Memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk dapat mengikuti Program Wirausaha Unggulan dari Perguruan Tinggi Lainnya.

Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengasah jiwa kewirausahaan, keterampilan nonteknis (soft skills), dan manajerial, serta mendorong peningkatan pengalaman wirausaha mahasiswa dan peningkatan kemampuan daya kerja mahasiswa yang dapat diakui dan disetarakan dalam bentuk Satuan Kredit Semester (SKS).

Selain bertujuan untuk memantik minat dan semangat mahasiswa dalam berwirausaha, program ini juga dimaksudkan untuk menanamkan mindset dan kompetensi dasar di bidang kewirausahaan dengan memberikan pengalaman dan meningkatkan kemampuan daya kerja mahasiswa, serta meningkatkan kapasitas dan kualitas lulusan Perguruan Tinggi. 

Wirausaha Merdeka sebagai salah satu bentuk program MBKM dapat memberikan manfaat bagi semua pihak yang terlibat, diantaranya bagi mahasiswa, Perguruan Tinggi pelaksana program, dan Perguruan Tinggi asal mahasiswa. Manfaat yang didapatkan bagi peserta program/mahasiswa diantaranya dapat memberikan pengalaman secara praktikal di lapangan serta kesempatan untuk dapat belajar di luar kampus guna mengembangkan ilmu di bidang kewirausahaan.

Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Lampung sangat mendukung penuh bagi mahasiswa yang bersedia mengikuti program ini. Karena, mengingat pentingnya bimbingan (mentorship) dan koneksi bagi mahasiswa dalam memulai bisnis. Oleh karena itu, program ini menitikberatkan keterlibatan industri dan praktisi bisnis. Harapannya, mahasiswa dapat menerapkan pelajaran yang mereka dapat di Perguruan Tinggi Pelaksana Program (PTPP), serta mengembangkan ide bisnis yang solutif dan relevan dengan pendidikan mereka.

 Kedua Mahasiswi tersebut berhasil lolos dengan melalui beberapa alur atau tahapan yang telah mereka lewati

1. Pemilihan PT Pelaksana

Proses seleksi dari pendaftaran hingga pemilihan Perguruan Tinggi Pelaksana program.

2. Pendaftaran Mahasiswa

Proses pemilihan program oleh mahasiswa dan seleksi oleh Perguruan Tinggi.

 3. Pelaksanaan Program

Proses pemilihan program oleh mahasiswa dan seleksi oleh Perguruan Tinggi.

 4. Sinkronisasi SKS

Proses pelaporan pelaksanaan program dan konversi terhadap SKS di PT asal mahasiswa.

 Melalui Program ini, dapat memberikan pengalaman praktis bagi mahasiswa dalam kegiatan wirausaha dan mendapatkan kesempatan untuk dapat belajar di luar kampus untuk mengembangkan ilmu di bidang kewirausahaan.

Meski bukan berasal dari program studi kewirausahaan, Refi dan Wova membuktikan bahwa siapapun berhak mendapatkan peluang untuk lolos dan berhasil.

Lulusan UNU Lampung Siap Kerja dan Berwirausaha!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: