KUNJUNGAN LAPANGAN MAHASISWA PETERNAKAN

KUNJUNGAN LAPANGAN MAHASISWA PETERNAKAN

Metro-Selasa, (14/12/2021) Mahasiswa Program Studi Peternakan (S1) Universitas Nahdlatul Ulama Lampung lakukan Kunjungan Lapangan di Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Metro.

Kunjungan Lapangan ini dilakukan oleh mahasiswa peternakan semester 3 dan 5.

Dengan didampingi oleh Wakil Dekan II Fakultas Pertanian, Peternakan dan Perikan (FP3), Bapak. Ahmad Effendi,S.Pd.,M.Pd. dan Dosen Peternakan Bapak Rohmatul Anwar, S.Pt., M.Si. kegiatan kunjungan lapangan ini berjalan dengan lancar.

Pembukaan Kunjungan Lapangan Mahasiswa Peternakan UNU Lampung dimulai pukul 09.00 WIB. Diawali dengan kata sambutan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Metro, Bapak. Heri wiratno, S.P. dilanjut dengan pemaparan materi tentang RPH, kemudian mahasiswa diajak untuk cek labolatorium dan terjun langsung ke lokasi pemotongan hewan.

Selain itu, pada acara ini juga dilakukan penyerahan cindera mata oleh masing-masing pihak.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, dan juga berterimakasih kepada fakultas FP3 atas kunjungan lapangan ini, harapannya Kampus UNU dapat mencetak generasi ahli   dibidang peternakan dan mempunyai peran dalam meningkatkan produktifitas peternakan”. Tutur Kepala Dinas dalam sambutannya.

Menurut Dosen Peternakan UNU Lampung, Bapak Rohmatul Anwar, S.Pt., M.Si.  yang turut mendampingi mahasiswa peternakan, Kegitan ini sangat menunjang bagi mahasiwa untuk terjun langsung ke dalam dunia praktek. Mengingat selama ini mahasiswa hanya memahami sebatas konsep atau materi saja.

Tujuan dari pada Kunjungan Lapangan ini adalah untuk memberikan praktikum lapang kepada mahasiswa peternakan tentang tatalaksana penyembelihan hewan ternak di rumah potong hewan. Dimulai dari penerimaan hewan ternak, pemeriksaan antemortem, uji laboratorium sampel karkas, sehingga bahan pangan asal protein hewani (daging) yang berada di pasar atau masyarakat dapat terjamin kualitasnya.

Dari kunjungan Lapangan ini, mahasiswa UNU Lampung khususnya program studi peternakan diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dibidang peternakan serta mempunyai peran yang signifikan di tengah-tengah masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: