SILATURAHMI BPS PROVINSI LAMPUNG Ke UNU Lampung

SILATURAHMI BPS PROVINSI LAMPUNG Ke UNU Lampung

Jum’at, 26 November 2021, Badan Pusat Statistik adakan kunjungan atau silaturahmi ke Universitas Nahdlatul Ulama Lampung dalam rangka tindak lanjut perjanjian kerjasama forum statistika dan BPS.

Pada silaturahmi kali ini, dihadiri langsung oleh Ketua BPS Provinsi Lampung, yakni Bapak Sudiyanto, S.Si., MM. Dan beberapa anggotanya yakni Bapak Mudiono, Ibu Dewi Wahyuningsih,M.Si. Bapak Zaza Yuda Perwira. Dan Bapak Aryanto,S.Si.,MM., dari BPS Kabupaten Lampung Timur.

Salah satu tujuan utama Kunjungan BPS provinsi  ke UNU Lampung guna menjalin hubungan baik dengan UNU Lampung sebagai kampus pertama di lampung yang memiliki jurusan Statistika dan tergabung ke dalam Forum Pendidikan Tinggi Statistika (FORSTAT).

Di bawah naungan FORSTAT, perguruan tinggi dapat melakukan kerjasama untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang unggul. Sehingga perguruan tinggi yang tergabung dalam FORSTAT dapat memperkuat daya saing di tingkat global. Kerjasama ini memberi peluang besar bagi perguruan tinggi penyelenggara Program Studi Statistika untuk meningkatkan mutu, memperluas akses, dan memperkuat jejaring. Serta, kerjasama ini akan menambah wawasan kebangsaan bagi mahasiswa dan dosen, meningkatkan sinergi antar Prodi Statistika, membangun kapasistas bersama dan memperkuat SDM dalam kancah global.

Selain itu juga, tujuan dari pada kunjungan BPS provinsi ke UNU Lampung guna menyosialisasikan hasil MoU BPS,ISI (ikatan statistic Indonesia)dan FORSTAT.

 

Mengapa Perlu Statistik??

Seperti yang kita ketahui, Statistik memiliki peran yang begitu krusial dalam berbagai bidang. Bahkan untuk level negara, data statistik merupakan acuan untuk mengendalikan beberapa hal penting.  Tak hanya untuk urusan itu saja, statistik juga dapat digunakan oleh sebuah bisnis. Hal ini digunakan untuk verifikasi data guna untuk mendukung strategi bisnis.Dalam menyusun statistik terdapat beberapa metode yang perlu diperhatikan. Penggunaan metode dapat bervariasi tergantung pada jenis analisisnya.Selain itu, dalam statistik juga terdapat konsep dasar yang harus dipahami bagi mereka yang terlibat di dalamnya.

Konsep dasar ini yang kemudian akan membantu dalam menerjemahkan angka menjadi sebuah kesimpulan dari data statistic.

Apa saja program yang akan dikembangkan oleh BPS Provinsi Lampung dengan UNU Lampung??

Ada beberapa program yang akan dikembangkan oleh BPS dengan UNU Lampung, diantaranya :

  1. Pojok Statistik

Pojok statistik adalah layanan baru dari BPS untuk sivitas akademis kampus khususnya mahasiswa mengenai penyediaan beragam informasi data dan metode pengolahan data yang bersumber dari data BPS. Pojok statistika juga melayani konsultasi data dan pengelolaannya khususnya dalam untuk penelitian mahasiswa dan dosen. Pojok ini merupakan perpanjangan tangan BPS di lingkungan kampus. Dengan pojok statistika diharapkan adanya penyebaran statistik dan meningkatkan melek statistik terhadap masyarakat khususnya sivitas akademis kampus.

  1. Desa Sadar Statistik

Program ini mampu meningkatan kompetensi aparatur desa dalam pengelolaan dan pemanfaatan data sehingga perencanaan pembangunan desa menjadi lebih tepat sasaran. Saat ini desa bukan lagi sebagai objek pembangunan melainkan sudah menjadi subjek dan ujung tombak dari pembangunan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kebijakan pembangunan di desa, dapat lebih tepat sasaran dan lebih bermanfaat bagi masyarakat dengan berlandaskan data yang lengkap dan akurat.

Kedua program tersebut dapat mendukung terlaksananya kegiatan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka  (MBKM) di Indonesia khususnya di Provinsi Lampung.

Dari silaturahmi kali ini, diharapakan bisa menjalin kerja sama sebagai bentuk mendukung MBKM di UNU Lampung. Sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat luas akan pentingnya statistika untuk perbaikan di berbagai aspek kehidupan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: