Sejumlah 25 Pejabat Struktural UNU Lampung Dilantik

Prosesi Pengambilan Sumpah Jabatan

Purbolinggo, Sabtu (15/8/2020) Dr. Nasir, M.Pd. melantik 25 Pejabat struktural di lingkungan Universitas Nahdlatul Ulama Lampung periode 2020-2025. Hadir pada pelantikan tersebut jajaran Pengurus Badan Pelaksana Penyelenggara (BPP) UNU Lampung, Rohaniawan dari Kementerian Agama Setempat. Acara tersebut dilaksanakan tertutup/terbatas karena memperhatikan masa New Normal Baru akibat wabah Covid-19.

Pejabat yang dilantik tersebut meliputi: Pimpinan Universitas yaitu Wakil Rektor I dan II, Pelaksana Akademik terdiri dari Dekan dan Wakil Dekan sebanyak 9 pejabat, Kepala Biro 3 pejabat, Kepala Unit Pelaksana Teknis sebanyak 4 Pejabat, Kepala Unit Penunjang Akademik Sebanyak 3 Pejabat, dan Kepala Lembaga Penjaminan Mutu sebanyak 4 Pejabat

Kepada pejabat baru rektor menyampaikan ucapan selamat atas jabatan yang dipercayakan kepada Saudara sebagai amanah, teriring harapan, Saudara dapat melaksanakan tugas dengan baik. Tiga pegangan utama pelaksanaan tugas adalah pegangan Saudara, yakni komitmen, integritas, dan loyalitas. Komitmen merupakan kesanggupan hati memegang janji dan menjadi pengikat pelaksanaan tugas dengan penuh tanggung jawab secara institusional dan ritual. Integritas merupakan penempatan dan pengikatan diri selaku pejabat pada posisi kelembagaan demi pelaksanaan tugas yang berdaya guna dan berhasil guna. Loyalitas merupakan niat tindakan pengabdian kepada lembaga sebagai realisasi panggilan untuk berbuat yang terbaik bagi lembaga. Posisi suatu jabatan tidak lepas dari program dan upaya memajukan lembaga. Seorang pejabat harus memiliki orientasi kemajuan, dan orientasi kemajuan itu sangat diperlukan untuk memenuhi tuntutan perubahan yang cepat pada era yang serba canggih ini dalam membentuk peradaban Islam. Kapasitas Universitas dan perangkat pengelola dituntut mampu memajukan lembaga untuk memenuhi tuntutan yang relevan dengan era kemajuan masa kini dan masa depan.

Seorang pejabat akan melaksanakan tugas sesuai dengan tugas pokok dan fungsi jabatan. Pelaksanaan tugas seorang pejabat terikat peraturan perundang-undangan. Karena itu, pemahaman dan penghayatan tupoksi dalam pelaksanaan tugas berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku merupakan kewajiban agar terhindar dari pelaksanaan tugas yang keliru. Dengan demikian, setiap kegiatan pelaksanaan tugas dapat dipertanggungjawabkan berdasarkan peraturan perundang-undangan. Berdasarkan tuntutan tersebut, pejabat harus betul-betul mengenali dan menguasai bidang tugas yang menjadi tanggung jawabnya. Penguasaan bidang tugas itu sangat diperlukan agar pengelolaan pelaksanaan tugas dapat terlaksana dengan baik. Penguasaan bidang tugas itu mencakup tupoksi, materi dan substansi pengelolaan, peraturan perundang-undangan, kebijakan yang terkait, dan masalah-masalah sertu solusi yang diperlukan. Sehubungan dengan penguasaan bidang tugas tersebut, seorang pejabat dituntut mau belajar. Mau belajar dan tidak malu bertanya, dengan sikap proaktif, kooperatif, dan akomodatif merupakan sebagian kunci sukses dalam pelaksanaan tugas. Tidak pernah berhenti belajar untuk meningkatkan penguasaan bidang tugas merupakan langkah dan tindakan yang bijak.

Diahir sambutannya beliau menegaskan bagi pejabat yang baru saja dilantik, atas nama Rektor serta pribadi, saya mengucapkan selamat atas pelantikan Saudara, dengan iringan doa, semoga Saudara dapat melaksanakan tugas yang baru dan dapat mengemban amanah yang diberikan kepada Saudara dengan baik. Mudah-mudahan Allah SWT selalu memberi petunjuk, bimbingan dan semangat kerja kepada kita semua untuk kemajuan UNU Lampung. Amin.

Setelah prosesi pelantikan dilaksanakan, sesaat kemudian rektor menggelar pertemuan dengan pejabat yang baru langsung menyampaikan peraturan Nomor 1 tahun 2020 tentang pebetapkan Kedudukan, Tugas, Fungsi, Kewenangan, Susunan Organisasi Dan Tata Kerja UNU Lampung periode 2020-2025.