Pengembagan Gerakan Pramuka UNU Lampung

Lampung Timur(13/12/2016), Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana yang berarti kaum muda yang suka berkarya.Di Indonesia sendiri penggunaan istilah “Pramuka” baru resmi digunakan pada tahun 1961. Akan tetapi gerakan pramuka sejatinya telah ada sejak jaman penjajahan Belanda dengan nama kepanduan.

Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana yang berarti kaum muda yang suka berkarya. Saat dikonfirmasi Nasir selaku Rektor UNU Lampung menuturkan bahwa gerakan pramuka di Lampung perlu di kembangkan. Pengembangan kegiatan di lingkungan UNU bersifat Bottom-up design yang dikembangkan dengan kebijakan Top-Down. artinya lekoatan janagan di paksakan, tapi kecenderungan yang muncul segera di respon. Simbul-simbul/ uniform itu penting, tapi kita jangan menjadi kegiatan.gerakan yang simbolis saja. Mari segala daya upaya kita sambut potensi anak-anak bangsa, khususnya di Lampung Timur.

Gerakan Pramuka bertujuan mendidik anak-anak dan pemuda Indonesia dengan prinsip-Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan yang pelaksanaannya disesuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan bangsa dan masyarakat Indonesia dengan tujuan agar; 1) anggotanya menjadi manusia yang berkepribadian dan berwatak luhur serta tinggi mental, moral, budi pekerti dan kuat keyakinan beragamanya.2) anggotanya menjadi manusia yang tinggi kecerdasan dan keterampilannya. 3) anggotanya menjadi manusia yang kuat dan sehat fisiknya. dan 4) anggotanya menjadi manusia yang menjadi warga negara Indonesia yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia; sehingga menjadi angota masyarakat yang baik dan berguna, yang sanggup dan mampu menyelanggarakan pembangunan bangsa dan negara.

Saat ini gerakan pramuka menjadi penting, kita perlu membangun watak, mental, moral, dan pelaksanaan keagamaan yang harus tertanam pada generasi muda. itu semua merupakan Dharma. Perguruan tinggi terkenal dengan Istilah Tridharma, di pramuka ada Dasadharma, di UNU Lampung dikenal dengan Catur Dharma. Ini meliputi Pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian pada masyarakat dan Pengembangan Karakter. Oleh karena itu silahkan dikembangan Pramuka Pandeka di UNU Lampung dengan mengedepankan pembangunan watak bangsa Indonesia.

Pramuka Pandega adalah golongan sekaligus sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka setelah penegak dan berusia antara 21 – 25 tahun. Pandega merupakan golongan peserta didik terakhir dalam Gerakan Pramuka setelah Pramuka siaga (usia 7 – 10 tahun), pramuka penggalang (11 – 15 tahun), dan penegak (16 – 20 tahun). Dalam bahasa Inggris pandega biasa disebut sebagai Senior Rover.

Istilah ‘pandega’ mempunyai arti ‘pemuka’ atau ‘ahli’. Hal ini mengandung filosofi berdasarkan romantisme perjuangan bangsa Indonesia di mana setelah masa ‘menegakkan’ kemerdekaan Republik Indonesia dilanjutkan dengan masa ‘memandegani’ pelaksanaan pembangunan di negeri Indonesia.

Kami mendukung pengembangan Gerakan Pramuka Pandega di UNU Lampung sehingga pemuda yang senior dan ahli mampu mengukir prestasi di Lampung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.