Print this Page

Sejarah

lambang unu

Selayang Pandang UNU Lampung

Universitas Nahdlatul Ulama Lampung, disingkat UNU Lampung. Universitas Nahdlatul Ulama Lampung diselenggarakan oleh Perkumpulan Nahdlatul Ulama disingkat NU di Provinsi daerah Ibukota Jakarta. Universitas Nahdlatul Ulama Lampung Berkedudukan di Lampung Timur, Jalan Hanafiah. Lintas Timur, Mataram Marga, Kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Timur.

Pendirian UNU didorong oleh suatu cita-cita dan tekad reorientasi program pembinaan umat dari NU yang selama ini lebih fokus pada sosial dan keagamaan kearah peningkatan kualitas umat melalui jalur pendidikan formal. Nama Nahdlatul Ulama merupakan cerminan dari reorientasi tersebut diatas. UNU ditujukan kepada para kaum Nahdliyyin agar dapat mempersiapkan diri meningkatkan kapasitas pribadi untuk dapat bersaing secara baik pada era globalisasi.

Universitas Nahdlatul Ulama Lampung diharapkan menjadi center excellent bagi pembinaan dan pengembangan umat Wilayah Provinsi Lampung khususnya dan wilayah dari dalam maupun Luar Negeri. Hal ini sejalan dengan 4 (empat) prioritas program yang dikembangkan NU, yaitu :

  1. Peningkatan kuantitas dan kualitas pendidikan. Selain memantapkan kuantitas dan kualitas kiprah pendidikan yang sudah ada, NU akan membangun lembaga pendidikan yang selama ini belum sepenuhnya menjadi perhatian, seperti pembangunan universitas yang excellent di negara ini. Di ibukota negara dan pusat-pusat komunitas NU, NU harus memiliki universitas dengan standar internasional.
  2. Pada bidang pelayanan masyarakat, khususnya kesehatan, NU seharusnya memiliki rumah sakit yang memadai di ibukota Republik dan pusat-pusat komunitas NU.
  3. Program pemberdayaan ekonomi warga nahdliyyin. NU melalui pengorganisasian yang baik dan profesional harus bisa mendayagunakan potensi ekonomi warga NU menjadi kekuatan ekonomi yang akan menjadi penopang pembangunan ekonomi kemasyarakatan.
  4. Program pengaderan dan penguatan jaringan NU. Melalui pengkaderan terencana NU dapat menyiapkan sumber daya manusia agar kelak mempunyai kemampuan berkiprah di berbagai bidang pengabdian untuk agama, bangsa, dan kemanusiaan. Bersama dengan itu NU harus memperkuat jaringan SDM nya sedang berkiprah dalam berbagai bidang kehidupan dan berada dalam berbagai lembaga kemasyarakatan dan kenegaraan.

Permanent link to this article: http://unulampung.ac.id/?page_id=6