PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS) UNU LAMPUNG BERBASIS CBA

(Lampung Timur, 17/11/2018) Computer Based Asesment (CBA) merupakan sistem yang dikembangkan oleh Universitas Nahdlatul Ulama Lampung untuk menyelenggarakan Penilaian secara Online. Rektor UNU Lampung Dr. Nasir menegaskan bahwa mulai hari ini senin 19 November 2018 Secara Serentak UNU Lampung menggelar Penilaian Tengah Semester (PTS) secara online melaui tautan www.cba.unulampung.ac.id yang diberlakukan pada seluruh program studi . Selengkapnya Jadwal dan Standar Operasional Prosedur (SOP) dapat diunduh disini.

Era Industri 4.0 ditandai dengan  tren otomatisasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik. Istilah ini mencakup baik sistem siber-fisik, internet untuk segala komputasi bagi masyarakat umum dan komputasi kognitif.  Ada empat prinsip rancangan skenario dalam Industri 4.0: Pertama, Interoperabilitas (kesesuaian): Kemampuan mesin, perangkat, sensor, dan manusia untuk berhubungan dan berkomunikasi dengan satu sama lain lewat Internet untuk segala (IoT) atau Internet untuk khalayak (IoP). IoT akan mengotomatisasikan proses ini secara besar-besaran. Kedua, Transparansi informasi: Kemampuan sistem informasi untuk menciptakan salinan dunia fisik secara virtual dengan memperkaya model pabrik digital dengan data sensor. Prinsip ini membutuhkan pengumpulan data sensor mentah agar menghasilkan informasi konteks bernilai tinggi.Ketiga, Bantuan teknis: Pertama, kemampuan sistem bantuan untuk membantu manusia dengan mengumpulkan dan membuat visualisasi informasi secara menyeluruh agar bisa membuat keputusan bijak dan menyelesaikan masalah genting yang mendadak. Kedua, kemampuan sistem siber-fisik untuk membantu manusia secara fisik dengan melakukan serangkaian tugas yang tidak menyenangkan, terlalu berat, atau tidak aman bagi manusia. dan Keempat, Keputusan mandiri: Kemampuan sistem siber-fisik untuk membuat keputusan sendiri dan melakukan tugas semandiri mungkin. Bila terjadi pengecualian, gangguan, atau ada tujuan yang berseberangan, tugas didelegasikan ke atasan.

Kepala Pusat Komputer (Puskom) UNU Lampung Willy Artanika Ricarda menjelaskan Pihaknya terus mengembangkan layanan universitas yang fleksibel. Mahasiswa UNU merupakan kaum melenial sehingga mengikuti tren otomatisasi kekinian. unulampung telah mengembangan Computer Passing-Grade Tast (CPT) yang digunakan untuk seleksi masuk mahasiswa baru dan akan dikembangkan untuk seleksi kepegawaian dan kebutuhan lainnya. Saat ini sudah dikembangkan Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Semester (PAS) dengan menggunakan aplikasi  Computer Based Asesment (CBA). Kedepan UNU akan mengembangkan pembelajaran dalam jaringan (Daring) untuk meningkatkan daya saing bangsa.

Permanent link to this article: http://unulampung.ac.id/?p=2496