UNU Buka Kelas Internasional

Taipei (17/4/2018). Universitas Nahdlatul Ulama Lampung menjalin kerjasama dengan 46 Perguruan Tinggi di Taiwan. Kerjasama tersebut difasilitasi oleh Kementerian Pendidikan Taiwan. Hal ini dijelaskan oleh Rektor UNU Lampung sesaat setelah penandatanganan MoU di Taipei.

Ada 3 bentuk kerjasama yang dibuat yaitu: (1) MoU antara UNU dengan 46 Universitas di Taiwan. Acara ini digelar dengan meriah dan spektakuler yang terbanyak sepanjang sejarah di Taiwan, jelas Menteri Pendidikan Taiwan saat memberikan sambutan. Acara ini dihadiri pejabat menteri pendidikan, Direktur Jenderal dan Diplomat Republik Indonesia. Menteri Pendidikan Taiwan dalam sambutannya menegaskan akan terus membantu kerjasama ini. (2) MoU dilakukan juga dengan 2 Rumah Sakit, yaitu Taichung Veteran General Hospital dan Rumah Sakit Asia University Hospital. (3) MoU antara NU dengan Taiwan Asean Bussines Council (TABC).  Kerjasama ini TABC akan beri bantuan hibah dan investasi ke Indonesia. Acara ini dihadiri oleh pejabat PBNU bidang ekonomi Eman Suryaman, pengusaha, Bankir, Pejabat, Anggota Parlemen dan adik Presiden Tsai Ing Wen. MoU juga dilakukan dengan triple III (Institute Of Information Industri). Kerjasama ini memberikan penguatan ICT kepada UNU melalui beasiswa pelatihan 6 bulan.

Kerjasama dengan UNU meliputi : (1) Pertukaran Mahasiswa dan Staf Akademik. (2) Program Joint Degree Sarjana dan Pasca Sarjana. (3) Kolaborasi pelatihan mahasiswa dan staf akademik. (4) Kegiatan seminar konferensi dan workshops. (5) Kerjasama penelitian dan publikasi dan kerjasama lainnya.

Kerjasama ini UNU Lampung akan menindaklanjuti berupa : Pembukaan Kelas Internasional, Pelatihan penguasaan bahasa asing, menyiapkan dosen Bahasa Indonesia untuk Pengajaran Asing (BIPA), Program musim gugur dan musim semi, pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen, review artikel publikasi, penyiapan tenaga kerja. Kerjasama tersebut dilakukan melalui joint pembiayaan oleh kementerian Taiwan.

Permanent link to this article: http://unulampung.ac.id/?p=2129