Dr. Nasir Rektor UNU Lampung bekerjasama dengan DOAJ

Denpasar (12/8/2017)  14th ADRI  International Conference And Call for Papper 11-12 Agustus 2017 University Dwijendra Denpasar Bali, Development of Science through Strengthening the Publication in Indexed Journal. Hadir dalam acara tersebut: Dr. Muhammad Dimyati Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan – Ristekdikti, Dr. Yudith (Managing Editor DOAJ Inggris), Dr. Tom Olyhoek Editor in Chief DOAJ, Dr. Leena Ambassadors DOAJ  India, Dr. H. A. Fatoni Rodli Ketua Umum ADRI, Dr. Nasir Rektor UNU Lampung dan 68 Rektor Peserta Consorsium DOAJ dari Indonesia.

Converensi tersebut dicatat dalam rekor MURI atas kerjasama jurnal terbanyak di Indonesia yang diikuti oleh 68 Perguruan Tinggi sebagai konsosrsium Jurnal terindek DOAJ. Pada kegiatan tersebut dipilih 5 orang perwakilan Honorably Ambassador DOAJ di Indonesia yaitu: Dr. Toho Vcholik Mutohir (Ketua DPP ADRI), Dr. Abdul Wahid Maktub ( Staf Khusus Menristek Dikti), Dian, Haris,  dan Sudarmawan.

Kegiatan tersebut dijelaskan oleh Rektor UNU Lampung Dr. Nasir, M.Pd. (Salah Satu Pendiri ADRI) menjelaskan bahwa: Penguatan Akses Jurnal oleh Konsorsium Perguruan tinggi yang tergabung dalam ADRI bekerjasama dengan DOAJ adalah untuk mendukung peraturan Menristekdikti Nomor 20 Tahun 2017 tentang pemberian tunjangan profesi dosen dan tunjangan kehormatan guru profesor. Setiap dosen harus menghasilkan Jurnal dengan keriteria diantaranya: Jurnal Nasional sekurang kurangnya memiliki terbitan versi online dan minimal berasal dari 2 institusi yang berbeda; Jurnal Nasional Terakreditasi; Jurnal Internasional sekurang-kurangnya menggunakan bahasa resmi PBB ( Arab, Inggris, Prancis, Rusia, Spanyol, dan Tiongkok), Dewan Redaksi dari 4 Negara, penulisnya berasal dari 2 negara dan terindek; Jurnal Internasional berreputasi: yaitu terindek dalam peringkat Internasional, Jurnal Nasional terakreditasi A yang menngunakan bahasa resmi PBB dan terindek DOAJ dengan indikator green thick. Dan lain-lain.

Dengan kegiatan tersebut, setiap perguruan tinggi dan dosen yang memiliki NIDN harus menghasilkan jurnaltersebut. Jurnal yang dihasilkan dosen perlu didaftar dalam Simlitabmas.ristekdikti.go.id dan sinta.ristekdikti.go.id.

Permanent link to this article: http://unulampung.ac.id/?p=1680